Pengamat: KKN, Masalah Tiga Besar di Jakarta

Pengamat: KKN, Masalah Tiga Besar di Jakarta
Pengamat: KKN, Masalah Tiga Besar di Jakarta

jpnn.com - JAKARTA - Survei Indo Barometer tahun 2014 menyatakan warga DKI Jakarta menganggap kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN) sebagai persoalan ketiga terbesar yang mendesak harus dituntaskan Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi).

"Pada survei setelah Jokowi jadi Gubernur, masalah mendesak paling tinggi tetap macet (34%), kedua banjir (26,5%) dan ketiga ada KKN. Mungkin karena ada Transjakarta berkarat," kata M Qodari, peneliti Indo Barometer di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (28/3).

Kondisi ini menurut Qodari berbeda dengan survei tahun 2012 sebelum Jokowi menjadi gubernur. Ketika itu warga DKI memandang selain macet dan banjir, masalah mendesak ketiga adalah pengangguran. Saat itu KKN berada di urutan bawah masalah mendesak dituntaskan.

Namun demikian, Qodari memandang masalah dugaan korupsi Transjakarta yang telah menjerat dua anak buah Jokowi tidak akan berpengaruh pada elektabilitas mantan Wali Kota Solo itu dalam pertarungan Pemilu Presiden mendatang.

"Kasus ini akan terfokus pada penegakan hukumnya. Tidak akan ditarik-tarik lagi ke politik. Kita juga bisa lihat ketegasan pemimpin Jakarta menyikapi kasus ini," tandas Qodari.(fat/jpnn)

 


JAKARTA - Survei Indo Barometer tahun 2014 menyatakan warga DKI Jakarta menganggap kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN) sebagai persoalan ketiga terbesar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News