Pengamat Nilai Zulkieflimansyah Sangat Mumpuni Maju di Pilkada DKI 2024

Pengamat Nilai Zulkieflimansyah Sangat Mumpuni Maju di Pilkada DKI 2024
Eks Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah. Foto: Humas Pemprov NTB

jpnn.com, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memunculkan figur eks Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah untuk ikut bertarung di Pilkada DKI 2024 dinilai positif oleh berbagai pihak.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin menilai majunya Zulkieflimansyah sebagai salah satu calon Gubernur DKI Jakarta akan makin menyemarakkan perhelatan tokoh nasional yang pantas untuk menjadi orang nomor satu di Jakarta.

“Tentu menarik jika sosok Pak Zulkieflimansyah yang baru menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur NTB ikut maju dan berpartisipasi sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. Jadi, makin beragam dan pilihan bagi warga Jakarta untuk memilih pemimpinnya selama lima tahun mendatang,” kata Ujang kepada Wartawan, Sabtu (11/11).

Menurut Ujang, Zulkieflimansyah itu sangat layak untuk ikut maju dalam bursa calon Gubernur DKI. Hal ini lantaran, kapabilitas, intelektualitas, kapasitas dan integritasnya selama menjadi orang nomor satu di NTB sangat terlihat mumpuni.

"Dalam konteks personalitas, pengalaman, kredibelitas, integritas serta intelektualitas, Pak Zul ini sudah memenuhi apa yang diinginkan warga Jakarta. Jadi, tinggal bagaimana beliau bisa bersaing mengalahkan kandidat lain yang jadi pesaingnya nanti di Pilkada DKI," ujar Ujang.

Kendati memiliki kelayakan untuk maju sebagai Calon Gubernur DKI, masih ada tantangan yang harus dihadapi oleh Zulkieflimansyah. Hal ini mengenai mendapat dukungan dan simpati terutama elektabilitas yang tinggi dari warga Jakarta.

Pasalnya, elektabilitas itu merupakan parameter jika tokoh tersebut disukai dan dicintai oleh masyarakat di sana.

"Jadi, secara kapasitas oke, tinggal sesungguhnya ke depan bagaimana Pak zul dapat dukungan secara elektabilitas tinggi serta dukungan dari warga jakarta untuk mengalahkan calon yang lain,” ujar Kang Ujang.

PKS yang memunculkan figur eks Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah untuk ikut bertarung di Pilkada DKI 2024 dinilai oleh berbagai pihak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News