Pengamat: Pembentukan Dua Satgas Sebagai Langkah Progresif Erick Thohir Bersih-Bersih di PSSI

Pengamat: Pembentukan Dua Satgas Sebagai Langkah Progresif Erick Thohir Bersih-Bersih di PSSI
Ketum PSSI Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi restu PSSI di bawah kepemimpinan Erick Thohir akan menciptakan transparansi di persepakbolaan Indonesia.

Erick segera membentuk dua Satuan Tugas (Satgas) untuk menjadikan PSSI lebih transparan dan akuntabel.

Kedua satgas tersebut adalah Satgas untuk memberantas pengaturan skor dan Satgas pengawasan keuangan.

Kehadiran dua satgas ini tidak lepas dari upaya Erick untuk membersihkan federasi sepak bola itu dari citra buruk dan kotor yang kerap dilabelkan kepada PSSI.

Pengamat sepak bola nasional Akmal Marhali mengatakan keputusan Erick Thohir membentuk dua satgas tersebut dinilai sebagai langkah progresif dalam mempercepat bersih-bersih di tubuh PSSI.

Akmal mendukung gagasan pembentukan Satgas tersebut dan berharap dalam pelaksanaannya dapat memberikan kontribusi bagi perubahan sepak bola Indonesia yang bersih dan transparan.

“Langkah-langkah progresif untuk perbaikan sepak bola Indonesia harus kita dukung tapi yang paling penting adalah eksekusinya. Karena betapa banyaknya di Indonesia ini Satgas dibentuk tetapi eksekusinya tidak ada jangan sampai kemudian hanya menggugurkan kewajiban,” ujar Akmal kepada wartawan, Sabtu (29/4/2023).

Akmal yang juga Koordinator Save Our Soccer (SOS) itu mengatakan, untuk mempertajam tugas dan kewajiban daripada Satgas, ia meminta Erick Thohir membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk memperjelas tugas pokok dan fungsinya sehingga dapat berjalan dengan baik.

Keputusan Erick Thohir membentuk dua satgas tersebut dinilai sebagai langkah progresif dalam mempercepat bersih-bersih di tubuh PSSI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News