Sabtu, 20 Juli 2019 – 10:14 WIB

Pengamat Pendidikan: Sekolah Swasta Lebih Pentingkan Gedung

Kamis, 28 September 2017 – 16:55 WIB
Pengamat Pendidikan: Sekolah Swasta Lebih Pentingkan Gedung - JPNN.COM

Seorang pelajar sedang membaca buku saat dibonceng orang tuanya naik sepeda ke sekolah. Foto: ilustrasi dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Keberadaan sekolah swasta yang makin banyak mendapat sorotan pengamat pendidikan Indra Charismiadji.

Menurutnya, keberadaan sekolah berbayar ini tidak memerhatikan kualitas pendidikan.

"Logikanya, sekolah swasta berbayar harus lebih bagus kualitasnya dibanding sekolah negeri," kata Indra di Jakarta, Kamis (28/9).

Sayangnya, tidak semua sekolah swasta dengan bayaran tinggi fokus pada peningkatan mutu. Mereka lebih mementingkan pembangunan fisik sehingga mengabaikan kualitas pendidikan.

"Harusnya ini jadi perhatian pemda. Jangan memberikan izin kepada yayasan yang tidak mau fokus pada pelayanan pendidikan. Orang tua membayar mahal karena ingin anaknya mendapatkan pendidikan terbaik," ujarnya.

Itu sebabnya untuk membuat mutu sekolah swasta lebih, menurut Indra, tata kelolanya harus diperbaiki.

Pemda harus menerapkan aturan jelas untuk pemberian izin pembangunan sekolah swasta. Jangan sampai misi yayasan hanya mencari keuntungan tanpa melihat aspek mutu.

"Dinas Pendidikan harus mengawasi dengan ketat. Walaupun sekolah swastanya mahal dan favorit, harus dicek sesuai tidak dengan standar mutu yang ditetapkan pemerintah. Kalau tidak sesuai dan hanya cari keuntungan, lebih baik izinnya dicabut," tegasnya. (esy/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar