Pengamat Pesimistis Kinerja Senator Sekarang Lebih Baik

Pengamat Pesimistis Kinerja Senator Sekarang Lebih Baik
Margarito Kamis. Foto: Dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Melihat figur-figur yang saat ini menduduki Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk waktu lima tahun ke depan, sulit bagi daerah untuk menaruh harapan ke DPD agar berbagai masalah di daerah bisa sampai ke pusat pengambil keputusan di Jakarta.

Hal tersebut dikatakan pengamat hukum tata negara, Margarito Kamis, saat diskusi "Kepemimpinan Baru DPD dan Hubungannya dengan MPR dan DPR", di press room DPD, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (10/10).

"Pimpinan DPD sekarang wajah lama, kurang lebih kinerjanya juga akan sama dengan DPD periode 2009-2014. Saya pesimistis DPD akan berubah," ujar Margarito Kamis.

Tapi lanjutnya, sebagai sebuah keputusan politik lanjutnya, daerah-daerah harus menerima DPD dipimpin oleh wajah-wajah lama.

"Secara konstitusi tidak ada masalah," tegasnya.

Tapi menurut Margarito, pimpinan DPD harus bisa memastikan bahwa pimpinan dan seluruh anggota DPD lebih banyak ke daerah-daerah ketimbang ke luar negeri.

"Konstituen senator itu adalah kampung-kampung, bukan di luar negeri," tegas dia.

Pimpinan DPD, ujar Margarito, harus pastikan berbagai soal daerah tidak terlokalisir secara terus-menerus di daerah.

JAKARTA - Melihat figur-figur yang saat ini menduduki Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk waktu lima tahun ke depan, sulit bagi daerah untuk menaruh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News