JPNN.com

Pengamat: Pilkada Jateng dan Bali Aman untuk Partai Penguasa

Rabu, 27 Juni 2018 – 11:24 WIB
Pengamat: Pilkada Jateng dan Bali Aman untuk Partai Penguasa - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Effendy Gazali mengungkapkan, ada dua wilayah yang terbilang aman buat partai penguasa dalam pilkada serentak. Kedua wilayah tersebut adalah Jawa Tengah dan Bali.

Effendy optimistis, pilkada di dua provinsi tersebut akan dimenangkan PDI Perjuangan. "Dari 171 daerah, hanya dua yang paling aman untuk PDIP yaitu Jateng dan Bali. PDIP akan susah dikalahkan di wilayah tersebut," ujarnya, Rabu (27/6).

Hal senada disampaikan Andi Alfian Mallarangeng. Perumus UU Otonomi Daerah ini melihat, Bali dan Jateng masih tetap dikuasai PDIP. "Saya melihat, faktor penentu utama adalah kandidat. Kalau kandidatnya baik dan dicintai rakyat, parpol akan mendukungnya," ucapnya.

Effendy menambahkan, hanya di pusat, PDIP berseberangan dengan Gerindra dan PKS. Di daerah mereka justru saling menopang. Terbukti ada 48 daerah yang kandidatnya didukung PDIP-Gerindra. Sedangkan 33 daerah kolaborasi PDIP-PKS.

"Kesimpulan kami kalau kandidat itu dicintai rakyat mesin partai akan jalan. Berbeda bila parpolnya memaksakan calonnya, mesin partai tidak jalan," tandas Effendy. (esy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adek