Pengamat Puji Langkah Tegas Erick Thohir Bubarkan BUMN Tidak Sehat

Pengamat Puji Langkah Tegas Erick Thohir Bubarkan BUMN Tidak Sehat
Trubus Rahadiansyah. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengapresiasi dan mendukung langkah tegas Erick Thohir yang telah mengumumkan pembubaran 3 BUMN yang tidak sehat dan sudah tidak beroperasi.

Ketiga BUMN yang akan dibubarkan Erick adalah PT Kertas Kraft Aceh (Persero), PT Industri Gelas (Persero), dan PT Industri Sandang Nusantara (Persero).

Trubus juga mendukung komitmen Erick Thohir yang tidak hanya berhenti di tiga BUMN tersebut melainkan masih terdapat beberapa BUMN yang dianggap layak juga untuk ditutup.

“Kalau saya melihat seharusnya lebih banyak kan ada beberapa BUMN lain kenapa masih ada, kalau memang dinilai sudah tidak jalan lagi kan ada sebagian dari tahun berapa sudah gak running gak beroperasi itu harunya semua ditutup,” ujar Trubus, Sabtu (19/3/2022).

Menurut Trubus, BUMN yang sudah lama tidak beroperasi tentunya hanya akan membebani keuangan negara, namun tidak memberikan manfaat yang jelas terhadap negara maupun pelayanan kepada masyarakat.

“Kalau misalnya tidak beroperasi kan membebani negara dan tidak memberikan keuntungan kepada negara jadi idealnya memang yang sudah tidak beroperasi memang ditutup semua, kalau tidak ditutup di marger aja sehingga mereka masih bisa di manfaatkan,” ucapnya.

Namun, Trubus mengingatkan agar pemerintah tetap memperhatikan hak-hak dari karyawan yang perusahaannya ditutup seperti halnya ditempatkan di BUMN atau anak perusahaan lainnya.

“BUMN yang hidup juga punya anak perusahaan juga bisa (karyawan) ditempatkan di situ supaya tidak terkesan memberikan dampak buruk menciptakan pengangguran, citranya kan jadi jelek karena bagaimanapun juga peran negara sangat dibutuhkan masyarakat. Jadi, kalau mereka masih bisa bekerja ditampung di tempat lain kan bisa, kan BUMN banyak,” kata Trubus.

Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah mendukung langkah tegas Menteri BUMN Erick Thohir yang mengumumkan pembubaran 3 BUMN yang tidak sehat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News