Pengamat Sarankan Debat Capres Diurus Timses

Pengamat Sarankan Debat Capres Diurus Timses
Pengamat Sarankan Debat Capres Diurus Timses

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) disarankan menyerahkan urusan debat antarcalon presiden dan wakil presiden kepada masing-masing tim sukses (timses) pasangan capres-cawapres. Ini agar debat lebih punya greget.

"Kan masih ada empat kali debat lagi. Saran saya, tidak usah KPU yang menyelenggarakan. Serahkan saja kepada masing-masing tim sukses," kata pakar Hukum Tata Negara, Irmanputra Sidin, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Kamis (12/6).

Mekanisme debat lanjutnya, masing-masing timses saling mengundang. "Ibarat main bola saja, kan ada bermain di kandang lawan. Setelah itu tanding lagi di kandang sendiri. Saling mengundang," kata Irman.

Kalau debat tetap diselenggarakan KPU, menurut Irman tetap tidak akan menarik dan itu bisa berakibat semakin tinggi minat masyarakat untuk tidak menggunakan hak pilihnya.

"Kalau KPU mau menyerahkannya kepada masing-masing timses, secara bernegara tidak ada UU yang dilanggar. Tapi akan terjadi saling-kunjung di antara kandidat dan timses," sarannya.(fas/jpnn)

 


JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) disarankan menyerahkan urusan debat antarcalon presiden dan wakil presiden kepada masing-masing tim sukses


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News