Pengamat Sebut Jokowi Bisa Jadi Contoh Pemimpin Indonesia, Nih Penjelasannya

Pengamat Sebut Jokowi Bisa Jadi Contoh Pemimpin Indonesia, Nih Penjelasannya
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat kebijakan publik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menilai kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sukses menjadi role model pemimpin Indonesia yang berani mengambil kebijakan.

“Dari kesuksesannya, saya kira bisa dijadikan role model (panutan atau contoh),” kata Emrus, Minggu (11/9).

Emrus menyebut kebijakan yang cukup berani dari Jokowi tercermin saat menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pengesahan Perjanjian FIR Indonesia dan Singapura yang berhasil mengambil alih langit Natuna.

Sebelumnya, di hadapan para ekonom, Jokowi berani mengambil risiko jika RI harus kalah di WTO karena kebijakan larangan ekspor nikel.

Bukan sekali dua kali Jokowi melakukan kebijakan yang berani. Kebijakan yang menjadi catatan sejarah adalah berhasil mengakuisisi PT Freeport secara mayoritas.

Kebijakan tersebut, menurut Emrus Sihombing, membawa keuntungan bagi Indonesia.

Namun, kata Emrus, capaian-capaian tersebut belumlah sempurna karena masih memiliki dua tahun masa kepemimpinannya.

Oleh itu itu, Emrus mendorong para menteri yang sudah diberikan kepercayaan dari Jokowi semestinya menyelesaikan tugas dengan baik di dua tahun terakhir ini.

Emrus Sihombing menilai kepemimpinan Presiden Joko Widodo sukses menjadi role model pemimpin Indonesia yang berani mengambil kebijakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News