Pengamat Sebut Kinerja Menhan Paling Akurat Diukur Lembaga Survei

Pengamat Sebut Kinerja Menhan Paling Akurat Diukur Lembaga Survei
Menhan Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat birokrasi Indonesia Bureaucracy and Service Watch (IBSW) Varhan Abdul Aziz menilai kinerja Menteri Pertahanan (Menhan) paling akurat berdasarkan berbagai lembaga survei dan bukan oleh kompetitornya.

Menurut Varhan, berdasarkan data sejumlah lembaga survei pada 2023, prestasi Menteri Pertahanan (Menhan) menjadi menteri yang paling memuaskan kinerjanya.

"Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia, Menhan Prabowo Subianto menempati posisi teratas tingkat kepuasan publik dan meraih 91,7 persen tingkat kepuasan publik," ujar Varhan, pada awak media di Jakarta, Minggu (14/1).

Varhan mengatakan survei tersebut diadakan pada 20-24 Juni 2023, dengan melibatkan 1.220 responden di seluruh provinsi di Indonesia, yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah.

"Begitu pun hasil lembaga survei Poltracking Indonesia. Menhan Prabowo Subianto secara umum mendapat nilai kepuasan publik tinggi dibanding menteri-menteri lain," kata Varhan.

Menhan memperoleh 8,4 persen publik yang menyatakan sangat puas, 56,4 persen menyatakan puas, dan 14,9 persen menyatakan tidak puas.

Varhan juga mengemukakan bahwa survei Poltracking Indonesia dilakukan pada Februari (1.220 responden), Maret (1.220 responden) dan April (1.220 responden).

Selain itu, Varhan memaparkan hasil lembaga survei Indo Strategi. Kepuasan publik Menhan dinilai paling atas.

Varhan Abdul Aziz menilai kinerja Menhan paling akurat berdasarkan berbagai lembaga survei dan bukan oleh kompetitornya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News