Pengamat Yakin Pertemuan Puan-Airlangga Tak Akan Berbuah Koalisi

Pengamat Yakin Pertemuan Puan-Airlangga Tak Akan Berbuah Koalisi
Pengamat politik Ujang Komarudin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dijadwalkan bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam waktu dekat. Pertemuan direncanakan pada 3 September 2022.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai pertemuan keduanya bukan soal koalisi di Pilpres 2024. Pertemuan dinilai hanya sekadar menjalin komunikasi politik antar partai.

"Pertemuan itu cuman menjalin komunikasi politik saja. Road show Puan bertemu dengan ketum partai politik itu kan amanah Rakernas PDIP pada Juni lalu," kata Ujang saat dihubungi, Rabu (31/8).

"Bahwa Megawati memberikan panduan untuk Puan road show untuk bertemu dengan ketum, terakhir kan bertemu dengan Surya Paloh dan akan bertemu dengan Airlangga dan lainnya," tambah Ujang.

Ujang menduga, pertemuan tidak akan membahas koalisi di Pemilu 2024. Apalagi kata Ujang kedua partai punya tiket masing-masng untuk mengusung calon presiden.

"Saya meyakini akan sulit PDIP berkoalisi dengan KIB, masing masing punya agenda dan capres masing-masing," kata Ujang.

Menurut Dosen Ilmu Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia ini, pertemuan hanya soal membangun persepsi dan keakraban antar partai. Ujang menegaskan, tak ada yang salah juga antar pimpinan partai bertemu, apalagi Puan yang digadang-gadang sebagai capres PDIP secara politik belum pernah menemui pimpinan partai lainnya.

"Namun untuk berkoalisi kecil kemungkinan," kata Ujang.

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dijadwalkan bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News