Pengarahan Teknis dan Undian Lomba Pekan Konstitusi MPR 2019

Pengarahan Teknis dan Undian Lomba Pekan Konstitusi MPR 2019
Kepala Biro Pengkajian MPR RI Yana Indrawan. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Rangkaian Pekan Konstitusi MPR Tahun 2019 yang berlangsung pada 24 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2019, akan semakin meriah dengan berbagai kegiatan lomba seputar konstitusi negara yakni Putaran Final Debat Konstitusi, presentasi Constitutional Drafting (Condraft) dan presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI).

Sekitar 100 lebih mahasiswa dan mahasiswi terpilih dari 26 Perguruan Tinggi perwakilan berbagai provinsi di Indonesia akan menunjukkan kemampuan intelektualnya seputar konstitusi dan kenegaraan Indonesia dalam ajang lomba-lomba tersebut.

Setelah dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono, Sabtu malam, 24 Agustus 2019, pada hari Minggu (25/8/2019), bertempat di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta, digelar Pengarahan Teknis dan Undian pembentukan kelompok dan jadwal lomba untuk masing-masing peserta, yang dipimpin oleh Kepala Biro Pengkajian MPR RI Yana Indrawan, serta dihadiri seluruh panitia lomba, para peserta, juga dosen pendamping.

Yana berharap para peserta mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh mulai dari kesiapan mental, pengetahuan dan juga fisik.

“Persiapkan diri dengan matang. Saya yakin semua peserta tidak diragukan lagi sisi intelektualitasnya. Namun, beberapa faktor juga akan mempengaruhi seperti mental dan juga kesehatan. Untuk itu, jaga kesehatan serta fisik, makan cukup dan istirahat cukup,” katanya.

Yana juga memberi pengarahan agar pakaian diperhatikan saat ajang perlombaan nanti, yakni Pakaian Sipil Lengkap (PSL) dan tidak diperkenankan mengenakan atribut apapun yang mempresentasikan identitas asal perguruan tinggi atau daerah. “Hal tersebut untuk menjaga objektifitas selama perlombaan berlangsung,” tegasnya.

Undian kemudian dilaksanakan secara terbuka, transparan. Untuk lomba Debat Konstitusi dibagi 4 (empat) Kelompok yakni Kelompok A, B, C dan D. Masing-masing kelompok berjumlah 5 tim. Dan masing-masing tim diberi nama khusus yakni Tim Nusantara 1-5 masuk Kelompok A, Tim Nusantara 6-10 masuk Kelompok B, Tim Nusantara 11-15 masuk Kelompok C dan Tim Nusantara 16-20 masuk Kelompok D, sesuai jumlah peserta lomba. Masing-masing perwakilan perguruan tinggi kemudian diminta untuk mengambil undian tim secara acak di sebuah mangkok kaca besar tertutup.

Format kompetisi dibagi 4 babak yakni Babak Penyisihan dengan 10 lomba yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus, Babak Perempat Final dengan 6 lomba pada tanggal 27 Agustus, Babak Semifinal dengan 2 lomba dan Final Juara III pada tanggal 28 Agustus dan terakhir Babak Final pada tanggal 28 Agustus 2019. Pada tanggal 29 Agustus dilaksanakan penutupan Pekan Konstitusi dan pembagian hadiah.

Pekan Konstitusi MPR Tahun 2019 yang berlangsung pada 24 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2019, akan semakin meriah dengan berbagai kegiatan lomba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News