Pengawas Jangan Cari Kesalahan

Pengawas Jangan Cari Kesalahan
Pengawas Jangan Cari Kesalahan
JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan&RB) EE Mangindaan mengatakan, sudah saatnya aparatur Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengubah mindset dan budaya kerjanya.

Aparatur BPKP harus melayani, bukan dilayani. Dan tidak zamannya lagi sebagai  pengawas yang mencari-cari kesalahan. "Tugas dan fungsi BPKP sudah jelas diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 60/2008. Bagaimana mengembangkan budaya kerja, laksanakan saja PP 60 tahun 2008, itu sudah beres,” ujar Mangindaan pada JPNN, baru-baru ini.

Dalam sistem pengawasan intern pemerintah (SPIP), BPKP memiliki peran penting, yakni sebagai penjamin mutu akuntabilitas keuangan dan kinerja aparatur pemerintah. ”Bukan lagi sebagai  pengawas yang mencari-cari kesalahan,” ucapnya. 

Dia meminta instansi pemerintah baik pusat maupun daerah bergandengan tangan dengan BPKP, agar setiap uang negara yang digunakan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, dan memberikan manfaat bagi negara.  

JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan&RB) EE Mangindaan mengatakan, sudah saatnya aparatur Badan Pengawas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News