Pengelola Bandara Juanda Diserbu Banyak Protes

Pengelola Bandara Juanda Diserbu Banyak Protes
Bandara Juanda, Surabaya. Foto: dok.JPNN

SURABAYA – Pengelola Bandara Internasional Juanda PT Angkasa Pura I dikritik karena  adanya penundaan pengaspalan ulang runway. Langkah tersebut dinilai merugikan masyarakat dan maskapai. Sebab, setiap jam sangat berarti untuk keluar masuk pesawat melalui bandara tersebut.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura (AP) I mengumumkan pengaspalan ulang dilaksanakan awal Mei. Seluruh maskapai mengikuti ketentuan dengan membatalkan jam penerbangan di atas pukul 22.00. Tiket yang sudah terjual secara otomatis dipindah jam lebih awal.

Setelah penjadwalan ulang selesai, muncul kabar bahwa pengaspalan ditunda Juli mendatang. Ada dua pihak yang merasa dirugikan. Slot penerbangan yang seharusnya bisa digunakan terbuang sia-sia. Selain itu, masyarakat yang terkena perubahan jadwal merasa dikecewakan.

Ketua Airline Operators Committee (AOC) Surabaya Soedjoko Dalijo meminta PT Angkasa Pura (AP) I lebih konsisten. Kebijakan yang ditetapkan perusahaan milik negara tersebut berdampak di semua aspek. Bukan hanya penerbangan sipil, penerbangan kargo pun merasakan dampaknya. ''Memang, kerugian materi tidak besar, tapi konsistensi harus dijaga,'' tegasnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News