Pengemudi Transportasi Online Hanya Mitra, gak Jelas

Pengemudi Transportasi Online Hanya Mitra, gak Jelas
Sejumlah pengemudi taksi online aksi unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (28/3). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Para pengemudi taksi online menggelar aksi unjuk rasa di dekat Istana Merdeka, Rabu (28/3). Sehari sebelumnya, di tempat yang sama massa pengemudi ojek online menggelar aksi menyuarakan aspirasinya.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, selama ini perusahaan aplikasi transportasi online tidak menganggap para driver sebagai karyawannya. Mereka menyebut mereka dengan “Mitra”. Sampai saat ini, definisi mitra masih kabur sehingga hak-hak para pengemudi pun tidak jelas.

Karena itu, Said Iqbal meminta pemerintah harus menegaskan definisi dari “Mitra-Pengemudi” ini. Pasalnya, para aplikator kerap berlindung dibalik kata “Mitra” dan mengabaikan hak-hak para driver angkutan online. Akhirnya, gaji pun ditentukan seenaknya.

“Tidak jelas, gimana gajinya, gimana jaminan sosial BPJS –nya, gimana jaminan kecelakaan kerja dan hari tuanya juga,” katanya.

Menurut Iqbal, pemerintah bukan hanya boleh intervensi terhadap kebijakan gaji dari aplikator, melainkan harus. “Karena jika pemberi kerja menetapkan gaji seenaknya tanpa standar yang jelas, namanya bukan hubungan kerja, tapi eksploitasi, slavery (Perbudakan,Red),” katanya.

Kunci dari permasalahan ini, kata Iqbal adalah undang-undang itu sendiri. UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas tidak menyertakan kendaraan roda dua sebagai angkutan umum. Hanya dibatasi oleh roda empat.

Sehingga, hak-hak dan kewajiban yang menaungi para penyelenggaran angkutan umum tidak bisa diberlakukan pada kendaraan roda dua (ojek). “Kami KSPI sedang mengajukan judicial review ke MK, tujuannya agar roda 2 dimasukkan ke dalam angkutan umum,” jelasnya.

Berbeda dengan taksi, kata Iqbal. Meskipun mereka juga disebut mitra, tapi mereka tetaplah berstatus karyawan dari perusahaan taksi. Ada perjanjian kerja yang terbentuk, ada serikat pekerja yang menaungi. Sehingga hak-hak karyawan berupa gaji layak, berbagai tunjangan, dan jaminan sosial bisa terpenuhi.

Selama ini perusahaan aplikasi transportasi online tidak menganggap para pengemudi sebagai karyawannnya, namun sebatas mitra.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News