Pengetahuan Warga AS soal Teknologi Masih Payah

MP3 Dianggap Robot di Star Wars

Pengetahuan Warga AS soal Teknologi Masih Payah
Pengetahuan Warga AS soal Teknologi Masih Payah

jpnn.com - LOS ANGELES - Amerika Serikat dikenal sebagai negeri teknologi dunia. Dari negeri Paman Sam inilah lahir Bill Gates, pendiri raksasa software Microsoft yang sudah belasan tahun namanya terus bertenger di papan atas orang terkaya sejagat.

Ada juga nama Mark Zuckerberg, yang berhasil menggubah cara berkomunikasi manusia lewat Facebook. Atau gadget yang mendunia buatan Apple kreasi mendiang Steve Jobs.

Meski jadi negeri acuan teknologi dunia, faktanya masih banyak orang Amerika yang tak tahu beberapa istilah umum teknologi. Dan jangan heran bila jawaban mereka yang tak tahu tersebut banyak yang melantur. Sebut saja Blu-ray yang mereka pahami sebagai sejenis hewan laut. Ada juga menyebut HTML (Hyper Text Mark-up Language) sebagai sejenis penyakit menular.

Jawaban aneh itu didapat situs Vouchercloud.net, yang ingin tahu sejauh mana para penggunanya tahu soal istilah dibidang teknologi. "Sepertiya masih ada dari kita yang perlu belajar lagi (istilah teknologi)," ucap juru bicara Vouchercloud.net seperti dikutip dari New York Post, Kamis (6/3).

Blu-ray dan HTML adalah istilah yang paling banyak tak diketahui responden. Selain itu mereka juga tak tahu apa itu "motherboard" sirkuit utama dari komputer. Mereka pikir motherboard adalah geladak kapal pesiar. Ada juga yang mengganggap satuan ukuran "gigabyte" adalah sejenis serangga yang ada di Amerika Selatan.

Bahkan saat disodori pertanyaan tentang "MP3" justru hampir seperempat responden menyebutnya robot film fiksi ilmiah Star Wars. "Software" atau perangkat lunak komputer malah diartikan sebagai sejenis pakaian yang nyaman. Sedangkan port koneksi universal serial bus (USB) malah diartikan singkatan dari negara Eropa.

Ironisnya, sebanyak 61 persen mereka yang disurvei percaya bahwa pengetahuan teknologi sangat penting bagi mereka. Tapi, bagaimana disebut penting jika software saja tak tahu? (pra/jpnn)

LOS ANGELES - Amerika Serikat dikenal sebagai negeri teknologi dunia. Dari negeri Paman Sam inilah lahir Bill Gates, pendiri raksasa software Microsoft


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News