Pengganti Rini Soemarno Harus Terhindar dari Konflik Kepentingan

Pengganti Rini Soemarno Harus Terhindar dari Konflik Kepentingan
Menteri BUMN Rini Soemarno. Foto dok humas BUMN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Pusat Kajian Keuangan Negara, Adi Prasetyo mengatakan posisi Menteri BUMN sebaiknya dipegang oleh kalangan profesional yang mengerti terkait pengelolaan perusahaan negara ini ke depan.

Selain itu, dia juga menilai kandidat tersebut harus memiliki visi BUMN ke depan sebagai pendorong perekonomian nasional dan sebagai pengungkit kesejahteraan rakyat.

"Sebaiknya Kementerian BUMN dipegang oleh sosok yang punya pemikiran reformis agar BUMN bisa diarahkan lebih profesional," kata pria yang akrab disapa Mas Pras ini di Jakarta, Minggu (20/10).

Sebelumnya, beberapa nama bermunculan menjelang pengumuman susunan Kabinet Kerja jilid II.  Siapa pun yang akan dipilih, Pras mengingatkan agar presiden tidak salah pilih.

Orang yang dipilih, tegasnya, harus bebas dari konflik kepentingan dalam pengelolaan BUMN. Selain itu, Pras juga mengungkapkan bahwa sebaiknya kandidat tidak memiliki keterkaitan dengan politik.

"Karena akan sangat berisiko bagi tata kelola BUMN yang berpegang pada good corporate governance," tegas Pras. (flo/jpnn)

Sebaiknya calon kandidat Menteri BUMN tidak memiliki keterkaitan dengan politik


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News