Penggemar Dangdut dan Pop Favoritkan SBY

Penggemar Dangdut dan Pop Favoritkan SBY
Penggemar Dangdut dan Pop Favoritkan SBY
JAKARTA - Apa hubungan penggemar musik dengan pemilihan presiden? Reform Institute melakukan survei dengan cara melihat tingkat keterpilihan capres lewat musik yang digemari pemilih.

Cara itu dianggap bisa memotret karakteristik pemilih dari latar belakang kultural. Awalnya para responden ditanya tentang selera musik mereka. Dari selera musik tersebut, lantas ditanya capres favoritnya. Hasilnya menarik. Ternyata SBY digemari seluruh kalangan lapisan masyarakat. Yakni, penggemar musik dangdut dan pop.

Di antara 2.500 responden yang disurvei, 38,36 persen menggemari musik dangdut. Pencinta musik pop 34,56 persen. Penggemar kesenian atau lagu daerah hanya 6,76 persen. Penggemar nasyid dan campur sari masing-masing tiga persen. Artis dangdut yang paling digemari masih Rhoma Irama dengan Soneta Band-nya. Bang Roma digemari 14,04 persen responden. Itu jauh meninggalkan band pop Ungu dan Peterpan yang hanya digemari 5,88 persen dan 2,92 persen responden.

Apa hubungannya dengan popularitas capres? Reform Institute menanyakan para penggemar musik dangdut dan pop tentang capres favorit mereka. Hasilnya, 41,01 persen penggemar dangdut memilih SBY. Angka yang hampir sama, yakni 41,46 persen penggemar musik pop, juga memfavoritkan SBY.

JAKARTA - Apa hubungan penggemar musik dengan pemilihan presiden? Reform Institute melakukan survei dengan cara melihat tingkat keterpilihan capres

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News