Penghormatan Tiongkok, Indonesia Bisa Kembangbiakkan Panda

Penghormatan Tiongkok, Indonesia Bisa Kembangbiakkan Panda
Pelaksana Tugas Dubes Tiongkok, Sun Weide, turut hadir dalam konferensi pers yang digelar di KLHK (22/09/2017). Foto Humas

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi negara ke-16 yang mendapatkan peminjaman pengembangbiakan (breeding loan) Giant Panda. Pemberian Giant Panda ini dapat mempromosikan persahabatan antar Indonesia dan Tiongkok.

Inisiasi konservasi satwa tersebut telah dijalin antara Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) sejak tahun 2010. Kala itu saat peringatan 60 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara.

Pelaksana Tugas Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Mr Sun Weide memastikan bahwa pemberian Giant Panda direalisasikan tahun ini.

“Giant Panda merupakan harta Tiongkok yang terbatas, kerja sama ini sebenarnya sudah dibicarakan sejak tahun 2013 lalu, saat kedatangan Presiden Xijinping ke Indonesia, dan diupayakan untuk mempercepat kerja sama, saat kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Tiongkok pada Maret 2015. Saya berharap Giant Panda akan hidup sehat dan bahagia serta membawa kebahagiaan kepada rakyat Indonesia”, ungkap Sun Weide dalam keterangan persnya, Jumat (22/9).

Upaya ini kemudian ditindaklanjuti melalui penandatanganan Nota Kerjasama (Memorandum of Understanding/MoU) antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah RRT, serta Nota Kerjasama business to business antara PT. Taman Safari Indonesia (TSI), dengan China Wildlife Coservation Association (CWCA), pada tanggal 1 Agustus 2016 di Guiyang, Tiongkok.

TSI juga telah menyiapkan Rumah Panda Indonesia sesuai dengan kebutuhan Giant Panda agar bisa beradaptasi dengan baik dilengkapi dengan dokter dan tenaga pembersih.

Panda yang akan diterima Indonesia pada Kamis 28 September mendatang dari Tiongkok, merupakan satwa Giant Panda jenis Ailuropoda melanoleuca. Panda tersebut merupakan kategori Appendiks I CITES, dan satwa endemik sekaligus lambang bagi negara asalnya, yaitu Tiongkok.

Menurut masyarakat Tiongkok, terdapat filosofi Yin dan Yang dari fitur bulu yang berwarna hitam dan putih pada panda. Yin dan Yang dipercaya sebagai bentuk keseimbangan bagi masyarakat Tiongkok selama ini.

Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi negara ke-16 yang mendapatkan peminjaman pengembangbiakan (breeding loan) Giant Panda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News