Penghuni Bangga Sebut Kampung Jacky Chan

Penghuni Bangga Sebut Kampung Jacky Chan
Gerbang kampung persahabatan Indonesia-Tiongkok di Desa Neuheun, Aceh Besar.
Pemerintah Tiongkok membangun 606 unit rumah tipe 42 di areal  22 hektare untuk korban tsunami 2004. Lokasinya dipilih di perbukitan Desa Neuheun, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, sekitar 17 km dari Banda Aceh.

BAHARI - Aceh Besar

NUANSA negeri Tingkok begitu kental saat memasuki gerbang  Kampung Persahabatan Indonesia-Tiongkok yang sebenarnya mirip  kompleks bungalo, atau vila itu. Gerbang masuk perumahan cukup lebar dengan ornamen dibuat layaknya memasuki pintu atau gerbang  bangunan umumnya di Tiongkok atau kompleks Chinatown di banyak negara. Benar-benar ciri khas Tiongkok. Di sana juga terpampang tulisan ’’Kampung Persahabatan Indonesia-Tiongkok’’  dalam huruf besar-besar di pintu masuk.

Selain bangunan yang tertata rapi, jalan mulus naik turun  mengikuti kontur perbukitan sungguh elok. Rumah bantuan pemerintah Tiongkok itu lebih mirip kompleks perumahan elite di Pulau Jawa umumnya.

Apalagi, kualitas bangunan rumah masing-masing bertipe 42 itu cukup bagus. Ditambah lagi, cat warna warni pada setiap blok yang makin menambah indahnya perumahan di perbukitan tersebut.

Selain dilengkapi sarana ibadah dengan masjid yang besar dan indah, ada gedung TK, SD, poliklinik, dan sarana bermain. Mulai lapangan basket, lapangan bola, gedung petemuan, hingga pasar mini. Di setiap tempat itu terpampang tulisan ’’Bangunan ini sumbangan masyarakat Tiongkok’’ lengkap dengan huruf China.

Pemerintah Tiongkok membangun 606 unit rumah tipe 42 di areal  22 hektare untuk korban tsunami 2004. Lokasinya dipilih di perbukitan Desa Neuheun,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News