Pengin Gelar Doktor Geopolitik, Hasto PDIP Jadi Mahasiswa Unhan

Pengin Gelar Doktor Geopolitik, Hasto PDIP Jadi Mahasiswa Unhan
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (tengah) bersama teman-teman seangkatannya di Program S3 Universitas Pertahanan (Unhan). Foto: arsip pribado untuk JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sibuk berpartai dan menjadi salah satu politikus ternama tak membuat Hasto Kristiyanto berhenti mencari ilmu di lembaga pendidikan formal.

Sekretaris jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu pun kembali menjadi mahasiswa dengan berkuliah di Universitas Pertahanan (Unhan).

Hasto tercatat sebagai mahasiswa baru jenjang S3 di Unhan untuk tahun ajaran 2020-2021. Politikus kelahiran 1966 yang berulang tahun setiap 7 Juli itu mengikuti kuliah perdana sebagai mahasiswa S3 Unhan pada Sabtu (29/8) pagi.

Sebagai mahasiswa baru Unhan, Hasto diwajibkan mengikuti kuliah perdana yang dipimpin langsung Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Namun, penyandang gelar insinyur teknik kimia itu sudah bergabung dengan mahasiswa S3 lainnya di mes Unhan di Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Jumat (28/8) malam.

“Saya ini sarjana teknik kimia yang masuk ke dunia politik,” ujarnya.

Ada 23 mahasiswa baru Unhan yang satu lichting dengan Hasto. Salah satunya ialah Sekretaris Jenderal Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Teguh Haryono.

Mayoritas teman seangkatan Hasto di Unhan merupakan perwira TNI dari matra laut, darat, maupun udara. Namun, ada juga seorang mahasiswi dan dua mahasiswa muda kelahiran 1987.

Hasto yang notabene lulusan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta meraih gelar S2 dengan spesialisasi manajemen internasional dari Prasetya Mulya Bussiness School. Sebelumnya, pria asal Yogyakarta itu berkarier di BUMN.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kembali menjadi mahasiswa. Kali ini Hasto masuk Universitas Pertahanan untuk mencari gelar doktor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News