Pengin Punya Ijazah S1, Kakek 86 Tahun 15 Kali Ikut Tes Masuk Universitas

Pengin Punya Ijazah S1, Kakek 86 Tahun 15 Kali Ikut Tes Masuk Universitas
Untuk menuju tempat tes masuk perguruan tinggi, Wang Xia dibantu oleh panitia dan petugas. (Chinanews)

jpnn.com - BEIJING – Wang Xia, 86, seorang kakek di Tiongkok, sudah ikut gaokao atau ujian masuk perguruan tinggi, sebanyak  15 kali. Semua dilakukan untuk mewujudkan impiannya merengkuh gelar sarjana. Dalam gaokao pada 7–8 Juni lalu, Wang diperkirakan menjadi peserta tertua.

Wang lulus SMA pada 1949. Dia kali pertama mengikuti gaokao pada 1954, namun gagal. Setahun kemudian, Wang ikut lagi, tetapi kembali gagal. Dia ikut lagi pada 1956 dan 1960. Lagi-lagi semua berakhir gagal.

Entah menyerah atau karena alasan lain, Wang sempat cukup lama berhenti mengikuti gaokao. Baru pada 2001 dia kembali menjalani ujian. Sebab, pemerintah telah mencabut batasan umur peserta gaokao. Sejak itu pula, dia lagi-lagi gagal hingga 10 kali. Wang berharap, pada ujian kali ke-15 tahun ini, dirinya bisa berhasil. Sebab, dia telah mempersiapkan semua dengan matang.

’’Saya sudah belajar keras kali ini. Saya tidak gugup dan akan melakukan yang terbaik,’’ ujar Wang sesaat sebelum ujian dimulai.

Wang tidak mau menyebutkan masuk jurusan apa jika benar-benar diterima nanti. Mungkin jurusan farmasi menjadi pilihannya. Dia bekerja sebagai apoteker selama 40 tahun belakangan ini.

Pada 2007, Universitas Kedokteran Nanjing telah memberinya penghargaan gelar kehormatan. Namun, Wang tidak lantas berhenti ikut ujian gaokao. Salah satu alasannya, Wang percaya bahwa pasien tidak sepenuhnya yakin dengan kemampuan pengobatannya karena tidak memiliki ijazah perguruan tinggi.

Meski Wang berkali-kali gagal, sifat pantang menyerahnya telah menjadi inspirasi bagi anak muda Tiongkok yang bakal mengikuti gaokao. Setiap tahun ada lebih dari 9 juta remaja Tiongkok yang mengikuti ujian tersebut. Keluarga Wang mengungkapkan bahwa dia boleh mengikuti ujian selama itu bisa membuatnya senang. (Shanghaiist/Daily Mail/sha/c14/ami)


BEIJING – Wang Xia, 86, seorang kakek di Tiongkok, sudah ikut gaokao atau ujian masuk perguruan tinggi, sebanyak  15 kali. Semua dilakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News