Senin, 24 September 2018 – 11:00 WIB

Penguasa Sebenarnya Gelisah dengan Pelemahan Rupiah

Kamis, 05 Juli 2018 – 00:19 WIB
Penguasa Sebenarnya Gelisah dengan Pelemahan Rupiah - JPNN.COM

Ilustrasi rupiah dan dolar. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hafisz Tohir mengatakan pemerintah sebenarnya tidak tenang dengan pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang nyaris menyentuh Rp 14.500 pada perdagangan, Selasa (3/7).

Hanya saja, menurut politikus PAN ini, pemerintah berusaha menyembunyikan kegalauannya dari publik.

"Sebagai rezim yang berkuasa mereka juga tidak elok menyatakan kegelisahannya. Karena itu mereka tetap berusaha tenang dan melakukan strategi-strategi untuk mengatasi masalah ini. Itu yang kami tahu di komisi sebelas," ucap Hafisz kepada JPNN, Rabu.

Politikus asal Sumatera Selatan ini memahami sikap pemerintah yang berupaya tenang. Sebab, bila pemerintah menunjukkan kegelisahan, itu jelas akan membuat ketidakpercayaan bagi investor.

"Oleh karena itu pemerintah yang tenang-tenang ini bukan berarti dia tidak memperhatikan krisis ini. Mereka tahu dan sedang bekerja," jelasnya.

Hanya saja, dia menilai sulit untuk mengembalikan kurs rupiah terhadap US dolar ke posisi yang relatif aman. Apalagi sekarang telah memasuki tahun politik.

Di sisi lain, berbagai insentif yang diberikan pemerintah pada momentum Lebaran Idulfitri tidak berpengaruh signifikan mendongkrak konsumsi masyarakat.

"Ternyata lebaran pun dengan THR dan gaji ke13 tidak mendongkrak konsumsi. Tidak terlalu signifikan. Konsumsi diperkirakan tumbuh 4,8 persen ternyata di bawah itu," tambah Hafisz.(fat/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar