Pengumuman SNMPTN Sudah Bisa Diakses Lewat Online Hari Ini

Pengumuman SNMPTN Sudah Bisa Diakses Lewat Online Hari Ini
Pengumuman SNMPTN Sudah Bisa Diakses Lewat Online Hari Ini

jpnn.com - MAKASSAR --- Peserta jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dijadwalkan sudah bisa mengecek pengumuman kelulusan, Selasa (27/5) hari ini. Hasil nilai itu akan diumumkan secara resmi melalui laman resmi SNMPTN.

Panitia lokal penerimaan mahasiswa melalui jalur undangan ini juga sudah mulai melakukan persiapan penyambutan mahasiswa yang akan melakukan pendaftaran ulang yang dilakukan serentak 17 Juni mendatang.

Di UIN Alauddin, Sulawesi Selatan pendaftaran ulang akan dilakukan bersamaan dengan tes wawancara dan tes mengaji. Hanya saja, tes ini tidak lagi akan menggugurkan mahasiswa yang bersangkutan.

Kepala Bagian Akademik UIN Alauddin, Masnawaty mengatakan, tes wawancara dilakukan untuk memastikan data yang ada dalam berkas pendaftaran ulang sudah benar atau tidak. Tes wawancara ini berkaitan dengan biaya pendidikan atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) selama berada di kampus. Besaran biaya UKT ini bergantung dengan tingkat pendapatan orang tua calon mahasiswa.

"Jangan sampai nanti besaran UKT nya salah sasaran. Sebenarnya orang miskin, tetapi ternyata orang mampu," jelas dia.

Sementara untuk tes mengaji, Masnawaty mengatakan tes itu dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman calon mahasiswa terhadap baca-tulis Al quran. Sudah menjadi persyaratan setiap tahun agar mahasiswa UIN paham baca tulis Al quran. "Ini juga untuk memilah mana mahasiswa yang kurang paham dan sudah paham mengaji," jelasnya. (eka-mp3)


MAKASSAR --- Peserta jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dijadwalkan sudah bisa mengecek pengumuman kelulusan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News