Kerjasama Segitiga Emas ala MAN Palu dan Mamuju

Kerjasama Segitiga Emas ala MAN Palu dan Mamuju
Kerjasama Segitiga Emas ala MAN Palu dan Mamuju

jpnn.com - PALU – Sejarah baru dalam rangka pengembangan mutu pendidikan madrasah, dilakukan MAN 2 Model Palu. Madrasah model yang berada di bawah naungan Kanwil Kementerian Agama Sulteng tersebut membangun kesepahaman dengan dua Madrasah Aliyah Negeri (MAN), yakni MAN Sausu dan MAN Mamuju Sulawesi Barat.

Kepala MAN 2 Model Palu, Taufik Abd Rahim mengatakan bahwa proses kerjasama yang dilakukan sesama MAN tersebut, merupakan proses sharing dalam rangka meningkatkan mutu, khususnya mutu pendidikan di ketiga MAN yang menjalin kerjasama.

“Ini adalah sejarah baru. Kita membangun kerjasama segitiga emas, dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di madrasah. Dalam proses kerjasama ini, kita saling sharing dan saling memberikan masukan, tentang apa saja yang baik dilakukan, dalam rangka meningkatkan mutu siswa, baik di MAN 2 Model Palu, maupun di MAN Sausu dan MAN Mamuju Sulawesi Barat,” kata Taufik seperti yang dilansir Radar Sulteng (Grup JPNN.com), Senin (26/5).

Dalam sambutannya, Taufik, mengungkapkan beberapa model pendidikan yang ada dan dikembangkan di MAN 2 Model Palu. Salah satunya, program unggulan yang idenya berasal dari Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, DR H Mohsen MM, yakni boarding school. Sampai dengan saat ini, program semi pesantren tersebut, hasilnya telah terlihat. Dalam pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) belum lama ini, seluruh santri Boarding School, dinyatakan lulus UN dengan hasil yang memuaskan.

Dalam program boarding school kata Taufik, siswa diberikan pembinaan ekstra, layaknya sistem pendidikan di pesantren. Selain mengikuti pelajaran di kelas reguler, santri boarding school, juga diberikan materi pengenalan ilmu nahwu saraf, membaca kitab gundul atau juga dikenal dengan istilah kitab kuning. Membaca kitab gundul, menurut Taufik, adalah aktivitas yang sudah jarang dilakukan oleh generasi muda saat ini. Padahal melalui kitab kuning, banyak sumber-sumber informasi agama.

“Selain itu, juga ada aktivitas menghafal Alquran. Di antara siswa boarding school yang baru saja menamatkan pendidikannya di MAN 2 Model Palu, ada salah satunya yang telah hafal 6 juz agama. Sekarang, siswa yang duduk di bangku kelas XI, ada yang sudah hafiz (hafal) 3 hingga 5 juz Alquran,”sebut Taufik.

Dua MAN yang menjalin kerjasama dengan MAN 2 Model Palu, sekaligus melakukan studi banding di MAN 2 Model Palu. Olehnya, Taufik meminta agar selama berada di Palu, untuk melihat dari dekat proses pendidikan, fasilitas pendukung pengajaran, serta segala sesuatu yang dapat diaplikasikan di MAN-nya masing-masing.

Penandatangan MoU, dilakukan langsung Kepala MAN 2 Model Palu, Taufik Abd Rahim, SAg MAg, Kepala MAN Sausu, Drs Aspar MPd dan Kepala MAN Mamuju, Dra Wahdiah.(hnf)


PALU – Sejarah baru dalam rangka pengembangan mutu pendidikan madrasah, dilakukan MAN 2 Model Palu. Madrasah model yang berada di bawah naungan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News