Pengunjung Mal di Palembang Meningkat Jadi 250 Ribu Per Hari

Pengunjung Mal di Palembang Meningkat Jadi 250 Ribu Per Hari
JALAN-JALAN: Dua turis asing melihat-lihat bazar fashion di OPI Mall, kemarin. Foto: Budiman/Sumatera Ekspres

jpnn.com, PALEMBANG - Perhelatan Asian Games 2018 di Palembang, Sumatera Selatan, memberikan impact besar pada kunjungan dan transaksi pusat perbelanjaan di daerah tersebut.

“Kita perkirakan pengunjung mall di Palembang mencapai 250 ribu orang per hari. Naik sekitar 50 ribu dari biasanya 200 pengunjung per hari,” jelas Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Sumatera Selatan (Sumsel), Co Ing, tadi malam.

Dari jumlah itu, kata Co Ing, sekitar 5-10 ribu merupakan wisatawan mancanegara atau turis. Kunjungan mereka menyebar di tujuh mal yakni Palembang Icon, PS, PSx, Lippo, PIM, PTC, dan OPI Mall. “Khusus Palembang Icon sendiri kunjungannya 12 ribu weekdays dan 20 ribu weekend,” lanjut pria yang juga Mall Director Palembang Icon ini. Dikatakan, karena pengunjung meningkat, transaksi setiap tenant juga naik, sekitar 30 persen. Namun dia tak bisa merinci total transaksi mal.

Umumnya, selama Asian Games, konsumen paling banyak belanja makanan, produk konsumsi sehari-hari, pakaian, dan sepatu olahraga. “Kami berharap ini bisa terus dipertahankan, terutama setelah Asian Games berakhir,” ujarnya. Karena itu, sebagai upayanya event-event menarik kunjungan orang luar tetap harus digelar. Baik event nasional maupun internasional, di bidang olahraga atau non-olahraga.

Marketing Communication Manager Palembang Icon, Trully, mengakui hal yang sama. Untuk itu, pihaknya berupaya lebih banyak lagi gaet pengunjung lewat berbagai event. “Di Agustus ini kita banyak event, mulai dari penawaran diskon lewat Great Sale dan event tematik seperti Jember Festival yang akan dilaksanakan besok (hari ini, red),” sebutnya.

Di mal lain juga serupa seperti Palembang Indah Mall (PIM). Marketing Communication PIM, Assikin menyatakan selama Asian Games 2018, antusias pengunjung menyaksikan berbagai event seperti Gelar Tenun, Songket, dan Batik, serta Weekend Food Market cukup baik. “Semua event ini memang untuk memeriahkan Asian Games,” jelasnya.

Menurutnya, trafik pengunjung mal meningkat sampai 150 persen dari target. Pada weekdays trafik mencapai 10 ribu pengunjung dan weekend lebihi 15 ribu pengunjung. “Untuk turis juga cukup banyak datang ke dua event ini. Terutama mereka yang ingin cicipi kuliner dan mencari oleh-oleh,” ujarnya.

Senada di OPI Mall. Salah satu pusat perbelanjaan yang dekat dengan Jakabaring Sport City (JSC) itu, mengalami kenaikan trafik hingga 100 persen dari reguler.

Perhelatan Asian Games 2018 di Palembang, Sumatera Selatan, memberikan impact besar pada kunjungan dan transaksi pusat perbelanjaan di daerah tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News