Pengurus ILUNI UI Minta Setnov Mundur Dari Ketua DPR

Pengurus ILUNI UI Minta Setnov Mundur Dari Ketua DPR
Setya Novanto. Foto: Hendra Eka/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) turut menyikapi permasalahan hukum yang kini menjerat Setya Novanto.

ILUNI UI meminta Setya Novanto mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPR RI.

Selain supaya fokus menghadapi dan menyelesaikan kasus tuntutan hukumnya juga untuk mengembalikan citra dan marwah dari lembaga tinggi negara.

“Bagaimana mungkin DPR masih dipimpin oleh anggota yang berstatus tersangka. Karena itu sudah sepantasnya wakil rakyat yang masih memiliki integritas dan ahlak serta moral yang baik, segera minta Setyo Novanto mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPR,” ucap Ketua ILUNI UI Tommy Suryatama.

Ditambahkan Tommy, DPR memegang fungsi penting sebagai pengawas jalannya roda pemerintahan, selain membuat berbagai macam undang-undang yang dibutuhkan masyarakat untuk menata jalannya kehidupan berbangsa dan bernegara ke arah yang lebih baik.

Dia juga heran, bagaimana anggota DPR bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan jujur, bila kursi ketuanya tidak ada di DPR karena sedang ditahan KPK.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) ILUNI UI Andre Rahadian. Karena itu baik Andre dan Tommy meminta Setnov menunjukkan dirinya sebagai politisi berkelas negarawan dan berjiwa satria.

Yakni, secara sukarela mengundurkan diri dari jabatan ketua DPR dan fokus menghadapi kasus yang dituduhkan pada dirinya, bukan sebaliknya menyandera DPR untuk melepaskan dirinya dari jeratan hukum.

Bagaimana mungkin DPR masih dipimpin oleh anggota yang berstatus tersangka. Karena itu sudah sepantasnya Setya Novanto mundur dari jabatannya sebagai Ketua DPR.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News