Pengusaha Keluhkan Praktik Otonomi di Sidang Hartati

Ketua Apindo Beber Kelakuan Kada Menjelang Pemilukada

Pengusaha Keluhkan Praktik Otonomi di Sidang Hartati
Pengusaha Keluhkan Praktik Otonomi di Sidang Hartati
JAKARTA - Pengusaha Hartati Murdaya yang didakwa menyuap Bupati Buol, menghadirkan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Anton J Supit sebagai saksi meringankan. Pada persidangan yang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (3/1), Anton membeber kelakuan kepala daerah yang sering meminta dana dari pengusaha karena mencalonkan lagi dalam Pemilukada.

Anton menuturkan, para pengusaha yang ingin melancarkan usahanya sering berada dalam posisi dilematis saat berhadapan dengan kepala daerah maju lagi di Pilkada. Sebab, pengusahaa sering dimintai dana demi memuluskan pencalonan incumben. “Tidak memberikan dana nantinya dibikin susah, sementara kalau memberikan dana juga bikin repot,” kata Anton.

Ditambahkannya, bernvestasi di daerah juga bukan perkara mudah. Sebab semakin terpencil sebuah daerah, hambatan yang dihadapi pengusaha pun semakin bertambah.  "Makin terpencil daerahnya tingkat kesulitan pengusaha makin pelik. Bukan cuma usahanya, tapi masalah akibat pemerintah daerahnya juga," bebernya.

Di hadapan majelis hakim yang diketuai Gusrizal itu Anton juga menyinggung peliknya perizinan di daerah-daerah terpencil. Tak jarang, sebutnya, izin pemanfaatan atas lahan yang sudah dikantongi seorang pengusaha, ternyata juga diberikan ke pengusaha lainnya.

JAKARTA - Pengusaha Hartati Murdaya yang didakwa menyuap Bupati Buol, menghadirkan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Anton J Supit sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News