Wahai Pengusaha Sawit, Tolong Simak Permintaan Mendag

Wahai Pengusaha Sawit, Tolong Simak Permintaan Mendag
Mendag Zulkifli Hasan meminta pabrik pengolahan kepala sawit bersama mendengar keluhan petani. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta pabrik pengolahan kepala sawit bersama mendengar keluhan petani.

Dia pun meminta pengusaha membeli sawit dari petani minimal Rp 1.600 per kilogram guna menjaga stabilitas harga sawit di tingkat petani.

"Jadi kita bersama-sama telah mendengar keluhan petani sawit di Lampung karena harga tandan buah segar milik mereka harga jualnya rendah," ujar pria yang karib disapa Zulhas itu, di Lampung Tengah, Sabtu.

Menurut Zulhas, jatuhnya harga sawit juga karena sebagian pabrik yang tidak menerima pasokan dari petani sawit secara langsung.

"Lewat penampung di sana biasa sawit petani dibeli dengan harga Rp 800 per kilogram. Seharusnya petani bisa dibeli dengan harga Rp 1.600-Rp 2.000 per kilogram ini baru layak," ucap Mendag.

Sebelumnya, Ketua DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Lampung, Abdul Simanjuntak mengeluhkan harga sawit yang sangat rendah.

"Harga sawit saat ini rata-rata di bawah Rp 1.000 per kilogram atau sekitar Rp 700 per kilogram, sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membeli beras saja kami harus menjual 30 kilogram sawit dahulu," kata Abdul Simanjuntak.

Dia mengharapkan harga sawit di tingkat petani dapat mencapai Rp 2.000 per kilogram.

Mendag Zulkifli Hasan meminta pabrik pengolahan kepala sawit bersama mendengar keluhan petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News