Senin, 11 Desember 2017 – 14:50 WIB

Peningkatan Angka Harapan Hidup Negara ASEAN

Minggu, 21 Juni 2015 – 00:32 WIB
Peningkatan Angka Harapan Hidup Negara ASEAN - JPNN.COM

Sumber: www.worldbank.org

Association of South East Asia Nations (ASEAN) didirikan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial dengan cara kerjasama antar negara ASEAN. Dalam mengukur tingkat kesejahteraan, Angka Harapan Hidup (AHH) merupakan salah satu indikatornya.

AHH adalah acuan dalam menilai kinerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk dan meningkatkan kesehatan.  Jika AHH rendah maka harus melakukan program pembangunan kesehatan, dan program sosial lainnya termasuk kesehatan lingkungan, kecukupan gizi dan kalori serta program pengurangan kemiskinan (BPS, 2015).

Cara menghitung AHH adalah berdasarkan kematian menurut umur yang datanya diperoleh dari catatan registrasi kematian setiap tahunnya kemudian dibuat table kematian. Namun, sistem registrasi  penduduk di Indonesia belum berjalan dengan baik maka untuk menghitung AHH dengan menggunakan program mortpak lite.

Diatas merupakan linechart AHH pria dan wanita di negara ASEAN per lima tahunnya. Data ini diambil dari worldbank.

Berdasarkan linechart tersebut terlihat bahwa AHH pria dan wanita pada negara ASEAN selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Selain itu, terlihat bahwa AHH wanita lebih tinggi 4-6 tahun dari pada pria. Hal ini disebabkan karena gaya hidup dan faktor biologis mempengaruhi AHH seperti kebiasaan merokok dan minum minuman keras menjadi salah satu pemicunya (balipost, 2006).

Dari hasil penelitian RSCM mengatakan bahwa pria memiliki tanggung jawab lebih besar untuk keluarga sehingga harus bekerja lebih keras lagi. Disamping itu, penelitian pada sampel darah 356 pria dan wanita yang berusia 20-90 tahun, terlihat bahwa dengan bertambahnya usia sistem imunpun mengalami penuaan. Akan tetapi, sistem imun yang berada pada wanita penuaannya lebih lambat karena mempunyai hormon estrogen yang baik sedangkan dalam tubuh pria penuaannya lebih cepat, akibatnya pria lebih mudah terkena penyakit (Adnamadzida, 2013).

Dari tahun ke tahun sangat terlihat jelas bahwa Singapore memiliki AHH tertinggi di ASEAN, dan Myanmar memiliki AHH yang rendah dibandingkan negara lainnya. Singapore telah memiliki tingkat kehidupan sosial ekonomi yang baik. Sedangkan Myanmar merupakan negara yang sedang berkembang, sehingga keadaan sosial ekonominya masih belum baik.

Jika di rata-ratakan dari tahun 2002 hingga 2012, Indonesia menempati urutan ke enam tertinggi di ASEAN. Indonesia memiliki AHH sesuai dengan rata-rata AHH di ASEAN.

SHARES
TAGS   pakar
loading...
loading...
Komentar