Peningkatan Kualitas Pelayanan TI Korlantas Bisa Hindari Pelanggaran Anggota

Peningkatan Kualitas Pelayanan TI Korlantas Bisa Hindari Pelanggaran Anggota
Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto. Foto: Dok Humas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto menghadiri rapat koordinasi pembina samsat tingkat nasional Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri yang digelar di Hotel Best Western, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (8/12).

Dalam acara itu, dia menyampaikan bahwa Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi langkah Korlantas meningkatkan pelayanan berbasis digital.

"Saya mewakili Kapolri untuk mengikuti rapat pembina nasional yang dihadiri seluruh hadirin,” ujar Budi dalam siaran persnya, Rabu.

Mantan Kapolda Kalimantan Selatan ini menerangkan acara tersebut membahas mengenai pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) berbasis digital, salah satunya pelayanan pajak kendaraan bermotor berbasis online.

"Bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan dengan memanfaatkan IT atau digital. Yang sekarang rekan-rekan mungkin sudah paham Signal (Samsat Digital Nasional)," ujar Agung.

Dengan adanya kebijakan itu, Agung berharap ke depan tak akan ada penyimpangan perilaku koruptif dari oknum soal pembayaran pajak kendaraan bermotor.

"Secara internal Polri dapat meminimalkan terjadinya penyimpangan, karena secara pelayanan, masyarakat yang tadinya langsung membayar kepada petugas, tapi bisa melalui perbankan ataupun melalui digital," ujar Agung.

Menurut dia, inovasi anyar dari Korlantas ini hampir 95 persen sudah bisa dinikmati di wilayah provinsi Indonesia.

Komjen Agung mengatakan bahwa peningkatan kualitas pelayanan TI Korlantas bisa menghindari pelanggaran anggota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News