Korlantas Polri Siapkan BPKB Berbasis Digital

Korlantas Polri Siapkan BPKB Berbasis Digital
BPKB Motor, ilustrasi. Foto: Dedi Sofian

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri sedang melakukan analisa dan evaluasi pelayanan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) bersama Polda Jajaran se-Indonesia.

Dalam pertemuan itu, mereka membahas rencana gedung baru untuk pelayanan BPKB berbasis digital.

“Mudah-mudahan tahun ini harusnya ada delapan wilayah yang memiliki Gedung pelayanan BPKB baru," Kata Kasubdit BPKB Korlantas Polri Kombes Pol Indra seperti dikutip dari situs Korlantas Polri, Rabu (24/11).

Wilayah tersebut di antaranya Cimahi dan dua daerah wilkum Polda Jabar, Maluku, Polres Sumenep, Kalsel, Sultra, Sulteng akan punya gedung pelayanan BPKB Prototype.

Dia menambahkan pengembangan gedung BPKB digital itu menjadi bagian dari strategi Korlantas untuk membangun kemandirian di antaranya profesionalisme di bidang regident.

“Jadi, kalau bapak-bapak bikin SIM, BPKB disitu ada ERI-nya, nanti ada tes fisik dan arsip digitalnya. Seterusnya berkembang seperti itu. Sehingga Polri Utuh memiliki dari mulai Gedung, sampai infrastrukturnya itu ada,” kata dia.

Menurut Kombes Indra, ke depan Polri akan berinovasi tidak tergantung dengan buku lagi. Dia mengatakan buku itu ada, tetapi dunia digital saat in perlu data chip.

"Jadi, selain disimpan didalam buku, juga disimpan di chip," kata dia. (ddy/jpnn) 

Video Terpopuler Hari ini:

Korlantas Polri tengah membahas rencana gedung baru untuk pelayanan BPKB berbasis digital. 


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News