Penjabat Gubernur Jateng Sampaikan 3 Kunci Menyukseskan Pemilu 2024

Penjabat Gubernur Jateng Sampaikan 3 Kunci Menyukseskan Pemilu 2024
Nana Sudjana memberi sambutan dalam dialog kebangsaan. Foto: Pemprov Jateng

jpnn.com - SURAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyampaikan tiga poin yang perlu dilakukan untuk menyukseskan Pemilu 2024.

Purnawirawan Polri itu menyampaikannya saat memberi sambutan dalam Dialog Kebangsaan Sukses Pemilu 2024 Menuju Indonesia Maju yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan di Hotel Alila, Kota Surakarta, Selasa (17/10).

Tiga poin itu ialah:

  • Menjaga situasi kondusif
  • Penguatan toleransi
  • Mengawal proses demokratisasi

"Seluruh komponen masyarakat perlu bersatu dan berkolaborasi dalam menyukseskan semua tahapan pemilu, hingga terpilih pemimpin yang mampu membawa Indonesia ke arah kemajuan,” kata dia.

Nana menuturkan, kolaborasi menjaga situasi kondusif perlu terus diupayakan oleh pemerintah daerah, Polda, Kodam serta instansi/lembaga terkait.

Adapun untuk penguatan toleransi juga perlu dilakukan bersama. Sebab, suhu politik cenderung meningkat menjelang pemilu 2024.

Menurut dia, sebagai bangsa yang menghargai keragaman dan kebinekaan, maka harus terus mengedepankan toleransi, dan saling menghormati satu sama lain.

Dalam hal ini, perlu melibatkan peran serta tokoh agama dan tokoh masyarakat terutama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FWKD), dan lainnya.

Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana memberi sambutan dalam dialog kebangsaan di Hotel Alila, Kota Surakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News