Penjaga Kamp Konsentrasi Nazi Meninggal Dunia

Penjaga Kamp Konsentrasi Nazi Meninggal Dunia
Penjaga Kamp Konsentrasi Nazi Meninggal Dunia
BERLIN --John Demjanjuk, pria yang dinyatakan bersalah atas kegiatannya sebagai petugas jaga di  kamp pembantaian Nazi, Jerman pada Perang Dunia II lalu meninggal dunia pada usia 91.

Seperti dilansir BBC pihak kepolisian Jerman menyebutkan meninggal dunia di kediamannya, karena telah lanjut usia. John, sendiri divonis lima tahun penjara pada Mei 2011 oleh pengadilan Jerman. Namun ia keluar dari sel dan menunggu proses banding.

Pengadilan menyebut Demjanjuk, merupakan penjaga di kamp konsentrasi Nazi di Sobibor, Polandia pada 1943. Namun, dia membantah tuduhan tersebut dengan alasan dirinya juga merupakan korban mengingat saat itu ia merupakan tawanan  perang.

Diperkirakan 250 ribu orang  tewas dalam kamar gas di Sobibor. Demjanjuk kemudian  dihukum atas keterlibatannya  dalam pembunuhan terhadap 28 ribu warga seama masa tugas jaganya di kamp tersebut. Selama masa persidangan itu, pihak keluarga Demjanjuk dalam kondisi sakit.

BERLIN --John Demjanjuk, pria yang dinyatakan bersalah atas kegiatannya sebagai petugas jaga di  kamp pembantaian Nazi, Jerman pada Perang Dunia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News