Penjelasan Garuda Indonesia Terkait Salah Turunkan Penumpang

Penjelasan Garuda Indonesia Terkait Salah Turunkan Penumpang
Swing gate di Terminal III Bandara Soekarno Hatta. Foto Ist

jpnn.com, TANGERANG - Garuda Indonesia menyatakan telah melalui prosedur yang benar dalam melakukan sembarkasi penumpang.

Hal itu disampaikan sehubungan dengan adanya pemberitaan terkait penerbangan GA 239 Rute Semarang – Jakarta yang diberitakan salah menurunkan penumpang domestik di areal kedatangan internasional.

Senior Manager Garuda Indonesia Ichsan Rosan menjelaskan penerbangan GA 239 dari Semarang turun di Gate 12 wilayah swing gate, yaitu gate mix antara terminal domestik dan internasional.

"Ada tiga gate di wilayah swing gate yaitu gate 11,12, dan 13 yang merupakan gate tempat menurunkan penumpang seperti biasa untuk pesawat yang akan di rotasi ke penerbangan internasional atau sebaliknya," ujar Ichsan, Sabtu (23/9).

"Signage yang mengarahkan penumpang ke domestik arah kiri dan internasional kanan juga tersedia dan cukup jelas terbaca ketika penumpang memasuki pintu terminal," imbuhnya.

Menurut Ichsan kemungkinan terjadi kesalahpahaman antara penumpang GA 239 yang membaca informasi penunjuk jalan di areal Terminal 3 Soekarno Hatta dengan petugas ground handling yang seharusnya bertugas membantu mengarahkan penumpang pada saat itu.

Selanjutnya setelah petugas ground handling menyadari penumpang GA 239 mengarah ke areal internasional, petugas kembali mengarahkan pax untuk menuju ke areal domestik.

"Garuda Indonesia menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh para penumpang tersebut dan berjanji akan meningkatkan lagi kinerja para petugas ground handling pada saat itu," katanya.

Kemungkinan terjadi kesalahpahaman antara penumpang GA 239 yang membaca informasi penunjuk jalan di areal Terminal 3 Soekarno Hatta dengan petugas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News