Penjualan Xpander Belum Sepenuhnya Melampaui Avanza

Penjualan Xpander Belum Sepenuhnya Melampaui Avanza
Mitsubishi Xpander (Foto: MMKSI)

jpnn.com, JAKARTA - Bertahan selama 14 tahun di puncak penjualan segmen MPV, Avanza untuk pertama kalinya angka torehan wholesale (pabrik ke diler) dilampaui oleh pendatang baru yang belum genap setahun, Mitsubishi Xpander.

Data wholesale GAIKINDO selama Februari 2018 menunjukkan bahwa Xpander sukses mendistribusikan unitnya dari pabrik ke seluruh diler di Indonesia sebanyak 7.400 unit, dengan tipe terlaris 1.5L Sport AT.

Sementara Avanza, hanya mendistribusikan 6.773 unit. Ini menunjukkan selisih angka wholesale dengan Xpander kalah 627 unit.

Namun perlu diketahui, data ini belumlah menunjukkan penjualan unit ke konsumen (retailsale). Unit yang baru sampai diler masih bersifat stok yang dikirimkan dari pabrik menyesuaikan estimasi pemesanan konsumen, dan konsumen masih berkesempatan untuk membatalkan pembelian.

Distribusi dari pabrik ke diler bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya stok yang masih tersedia di diler dari pengiriman bulan sebelumnya, sehingga pihak pabrik mengurangi pengiriman. Ini berlaku sebaliknya jika stok habis dan permintaan masih ada, maka pengiriman bulan selanjutnya bakal ditingkatkan jumlahnya.

Artinya, jumlah pengiriman unit ke diler (wholesale) pada bulan Februari tidak akan sama dengan jumlah unit yang sampai ke tangan konsumen (retail).

Jadi, menisbatkan Xpander sukses menurunkan mahkota raja MPV di Indonesia dari Avanza belum bisa sepenuhnya diterima, butuh kejutan-kejutan lainnya. (mg8/jpnn)


Bertahan selama 14 tahun di puncak penjualan segmen MPV, Avanza untuk pertama kalinya secara hasil wholesale (pabrik ke diler) dilampaui Xpander.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News