Penjurian Untuk Anugerah Tangguh Adhiwirasana Bakal Adil dan Transparan

Penjurian Untuk Anugerah Tangguh Adhiwirasana Bakal Adil dan Transparan
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Foto: dok BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 16 provinsi dan 44 kabupaten/kota telah mengirimkan kembali formulir self assessment untuk penilaian dalam tahap penjurian Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Sandya Laksana. 

Data-data yang masuk dari provinsi dan kabupaten/kota langsung dinilai oleh para panelis penilai yang terdiri dari tim profesional lintas bidang.

Dari total data yang masuk dari daerah, hanya akan ada 30 nominasi dari provinsi dan kabupaten/kota yang akan lanjut ke tahapan penjurian sesi wawancara di Anugerah Tangguh Adhiwirasana

Adapun tiga poin penilaian yang dinilai dalam tahapan penjurian ini adalah inisiatif inovasi dalam penanganan kesehatan, pemulihan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan sosial. 

“Penilaian ini kami lakukan dengan menggunakan basis bukti (evidence based). Semua data yang dikirimkan oleh daerah dinilai dengan adil dan transparan berdasarkan kelengkapan bukti-bukti inisiatif inovasi dari daerah,” kata Ketua Dewan Juri Anugerah Tangguh Adhiwirasana, Wahyu Tri Setyobudi.

"Tim panelis yang bertugas harus mengutamakan integritas dan independensi dalam proses penilaian sehingga dapat mempertanggungjawabkan skor penilaian dalam rapat pleno hasil penilaian penjurian tahap self assessment Anugerah Tangguh Adhiwirasana," imbuhnya. 

Sebelumnya, pada Kamis (21/10), setelah melalui tahapan penjaringan dengan menggunakan data sekunder di bidang kesehatan, ekonomi dan sosial sebanyak 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi terseleksi menjadi 57 kabupaten/kota dan 20 provinsi terpilih yang masuk ke tahapan penjurian berikutnya di Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Sandya Laksana. 

Pada anugerah kali ini, kategori yang dinilai adalah kategori Wira Sandya Laksana atau kategori anugerah yang diberikan kepada pemerintah daerah kabupaten/kota dan pemerintah provinsi yang menunjukkan kinerja unggul dalam upaya penanggulangan bencana nonalam (Covid-19) di daerah masing-masing. (*/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Anugerah ini diberikan kepada pemerintah daerah yang menunjukkan kinerja unggul dalam upaya penanggulangan Covid-19.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News