Rabu, 18 Juli 2018 – 13:52 WIB

Pensiun di Akhir Musim, Dani Pedrosa jadi Legenda MotoGP

Jumat, 13 Juli 2018 – 08:22 WIB
Pensiun di Akhir Musim, Dani Pedrosa jadi Legenda MotoGP - JPNN.COM

jpnn.com, SACHSENRING - Pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa memutuskan pensiun jelang Moto GP Jerman digelar akhir pekan ini.

Rider berusia 32 tahun tersebut mengumumkan tidak akan membalap lagi di MotoGP setelah musim 2018 berakhir. Perjalanan karier Pedrosa di MotoGP sejak 2006 akan menemui terminal terakhirnya di Valencia pada 18 November mendatang.

Sebelumnya, Pedrosa sempat disangkut pautkan akan bergabung dengan salah satu tim satelit baru yang bakal tampil di MotoGP musim depan. Yakni SIC Petronas Yamaha. Dengan keputusan Pedrosa ini, Alvaro Bautista dan Franco Morbidelli berpeluang mengisi kursi tim tersebut musim depan.

“Musim ini adalah karier terakhir saya di MotoGP. Tahun depan saya tidak akan berlomba,” ucap Pedrosa dilansir Crash. “Ini adalah keputusan yang sulit. Karena ini adalah olahraga yang sangat saya cintai,” tambahnya.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta memastikan bahwa Pedrosa bakal ditetapkan sebagai legenda MotoGP pada balapan terakhirnya di Valencia mendatang. Sepanjang kariernya sejak 2006 di MotoGP, Pedrosa sudah 31 kali mengantongi kemenangan.

Misi utamanya sebelum pensiun adalah meneruskan tradisi memenangi sedikitnya satu balapan di setiap musim sejak 2002. “Terima kasih untuk semuanya kepada semua pihak. Sekarang saatnya untuk saya memulai lembaran baru,” ucap Pedrosa.

Dia memulai balapan Grand Prix pada 2001 di kelas 125 cc dan setia bersama Honda. Pasca menjadi juara di kelas tersebut pada 2003, Honda mempromosikannya ke kelas 250 cc. Di kelas tersebut dia sukses berat dengan menjadi juara back-to-back pada 2004 dan 2005. Itu mengantarnya meraih tiket tampil di MotoGP sejak 2006 dan bertahan sampai tahun ini.

Sayang, di kelas premium Pedrosa tak kunjung mendapatkan gelar juara dunianya. Capaian terbaik pembalap kelahiran Sabadell, Spanyol, itu adalah sebagai runner-up sebanyak tiga kali yakni pada 2007, 2010, dan 2012. (irr/ady)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar