Pentingnya Mengelola Stres

Pentingnya Mengelola Stres
dr Umira saat menjelaskan bagaimana mengelola stres. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SIDOARJO - Penyakit jantung masih jadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Karena itu, perlu ada upaya preventif agar tak menderita penyakit tersebut. Antara lain, menjalani pola hidup sehat dan mengelola stres dengan baik. "Menghindari stres itu susah. Tapi, me-manage stres perlu dilakukan agar lebih baik," kata dr Umira SpJP.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam talk show Hari Jantung Sedunia dan Senam Bersama di Bale Graha Delta Husada RSUD Sidoarjo Sabtu (13/10). Kegiatan dengan tema Untuk Jantungku, Jantungmu dan Jantung Kita Semua itu diikuti lebih dari seratus peserta.

Menurut Umira, stres merupakan salah satu faktor risiko terjadinya penyakit jantung. Karena itu, diperlukan upaya untuk mencegah munculnya stres dalam kehidupan sehari-hari. ''Misalnya, dengan relaksasi atau lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Olahraga juga mengelola stres,'' ujarnya. Olahraga disarankan saat pagi bersama keluarga tercinta. Sebab, manfaat ganda yang didapat. ''Badan sehat dan hati gembira bisa meminimalkan pikiran dari stres,'' jelasnya.

Umira menyarankan agar olahraga dilakukan tanpa paksaan. Tidak perlu terlalu lama, yang penting berolahraga setiap hari. ''Cukup 30 menit. Olahraga ringan, jalan kaki,'' ucap dokter di RSUD Sidoarjo itu. Saat baru memulai olahraga, tenaga tak perlu diforsir. Jika hanya kuat berjalan selama 10 menit, tidak masalah.

Yang paling penting adalah konsisten. Lama-kelamaan intensitas olahraga berjalan pun bisa ditingkatkan. (may/c20/ai)


Umira menyarankan agar olahraga dilakukan tanpa paksaan. Tidak perlu terlalu lama, yang penting rutin


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News