Pentolan Catalunya Merdeka Akhirnya Menyerah

Pentolan Catalunya Merdeka Akhirnya Menyerah
Eks pemimpin Catalunya Carles Puigdemont. Foto: AP

jpnn.com, BRUSSELS - Carles Puigdemont dan empat mantan menteri Catalunya menyerahkan diri ke polisi Belgia kemarin, Minggu (5/11). Kelimanya berstatus buron setelah pemerintah Spanyol mengeluarkan surat perintah penangkapan atas tudingan pemberontakan dan penghasutan.

Puigdemont yang merupakan mantan pemimpin Catalunya menjadi aktor utama di balik referendum dan pernyataan kemerdekaan wilayah otonomi khusus Spanyol tersebut.

Pemerintah Belgia sudah menerima surat perintah penangkapan Puigdemont tersebut. Kemarin siang Puigdemont dan kawan-kawannya diinvestigasi Jaksa Federal Belgia.

Hari ini hakim akan memutuskan apakah syarat-syarat permintaan ekstradisi telah terpenuhi atau tidak. Langkah Puigdemont dan kawan-kawannya selanjutnya akan ditentukan saat itu.

Kalau toh hakim memutuskan menerima permintaan ekstradisi dari Spanyol, Puigdemont masih memiliki kesempatan untuk melakukan banding. Prosesnya butuh waktu sekitar 30 hari.

Hakim juga bisa menolak permintaan Spanyol. Sementara itu, di Spanyol, jajak pendapat menunjukkan bahwa partai-partai pro kemerdekaan Catalunya bakal menang dalam pemilu 21 Desember. Mereka akan menguasai 66–68 dari 135 kursi di parlemen. (Reuters/sha/c10/sof)


Carles Puigdemont dan para bekas pemimpin Catalunya lainnya menyerahkan diri ke pihak kepolisian Belgia


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News