Penuhi Layanan Air Minum di Tangsel, Anak Usaha PT PP Resmikan SPAM Angke Kapasitas 240 Lps

Penuhi Layanan Air Minum di Tangsel, Anak Usaha PT PP Resmikan SPAM Angke Kapasitas 240 Lps
PT PP melalui anak usahanya yang bergerak di bidang investasi infrastruktur, yaitu PT PP Infrastruktur (PP Infra) melakukan peresmian pengoperasian SPAM Angke pada Jumat (28/8). Foto dok PT PP

jpnn.com, TANGERANG SELATAN - PT PP melalui anak usahanya yang bergerak di bidang investasi infrastruktur, yaitu PT PP Infrastruktur (PP Infra) melakukan peresmian pengoperasian SPAM Angke pada Jumat (28/8) kemarin.

Acara peresmian yang berlokasi di Tangerang Selatan tersebut dihadiri oleh Direktur Utama PT PP Infrastruktur Didik Mardiyanto, Direktur Utama PT Tirta Tangsel Mandiri Denny Kadarwati, Direktur Utama PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan Dudung E. Diredja, dan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Didik menjelaskan PP Infra dipercaya untuk menjadi mitra dalam pembangunan SPAM Kali Angke untuk kerja sama selama 30 tahun.

"Dengan pembangunan SPAM ini diharapkan bisa menambah kapasitas pelayanan untuk 33.500 lebih sambungan langsung ke rumah-rumah. Hal tersebut memberikan tambahan layanan kepada sekitar 167 ribu penduduk di Tangerang Selatan atau mencakup ± 38% penduduk yang dapat merasakan akses langsung air minum," jelas Didik.

Adapun lingkup pekerjaan yang telah dilakukan dalam pembangunan SPAM, antara lain: pembangunan dan pengoperasian unit air beku; pembangunan dan pengoperasian unit produksi serta reservoir air minum; dan pembangunan jaringan distribusi sampai retikulasi sepanjang ± 300 kilometer yang kemudian akan dioperasikan oleh PITS.

Dalam lingkup pembangunan dan pengoperasian unit air beku, TTM akan membangun sadap dan bendung air baku yang didesain mampu mengalirkan air baku secara terus menerus sebesar 240 liter per detik. Selain itu, akan melakukan pembangunan pipa transmisi air baku dan sistem pemompaan air baku.

Sementara itu, di lingkup pembangunan dan pengoperasian unit produksi serta reservoir air minum, TTM akan melakukan instalasi pengolahan air minum berkapasitas output sebesar 220 liter pe rdetik dimana saat ini sudah beroperasi 100 liter per detik.

Selain itu, TTM akan melakukan sistem perpompaan air minum untuk jaringan distribusi, bangunan pelengkap atau penunjang (kantor pengelola, ruang laboraturium, ruang Gudang kimia, ruang kerja operator dan bangunan genset).

Pembangunan SPAM Kali Angke ini menggunakan teknologi water treatment plant sehingga air bersih yang disalurkan dapat langsung diminum oleh pelanggan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News