Penuhi Panggilan KPK, Papa Novanto Pelit Bicara ke Media

Penuhi Panggilan KPK, Papa Novanto Pelit Bicara ke Media
Ketua DPR Setya Novanto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPR RI Setya Novanto memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (13/12). Novanto datang untuk memberikan keterangan dalam kasus dugaan korupsi  proyek pengadaan e-KTP tahun 2011-2012.

Setnov -sapaan akrabnya- sudah tiba di KPK sejak pukul 8.00 WIB. Dia tampak mengenakan baju batik berwarna cokelat.

Langkahnya tenan. Namun, ketua umum Golkar itu memilih bungkam saat ditanya wartawan.

Setnov hadir didampingi Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Idrus Marham dan wakilnya, Nurul Arifin. Selain itu juga ada pengacara Rudi Alfonso yang dikenal sebagai politikus Golkar.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, penyidik membutuhkan keterangan Setnov untuk kasus e-KTP. "Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka S (Sugiharto, red),” kata Febri.

Seperti diketahui, KPK sudah menjerat dua tersangka dalam kasus itu. Yakni Sugiharto selaku mantan pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek e-KTP dan mantan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Irman.

Nama Novanto dalam kasus itu muncul ketika disebut oleh mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin. Mantan anggota DPR yang kini menjadi terpidana kasus suap wisma atlet itu menyebut Novanto dan Anas Urbaningrum sebagai bos atau pengendali proyek e-KTP.

Proyek e-KTP yang direalisasikan di era Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi bernilai sekitar Rp 6 triliun. Namun, dugaan kerugian negara dalam proyek itu mencapai Rp 2,3 triliun.(put/jpg)

JAKARTA - Ketua DPR RI Setya Novanto memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (13/12). Novanto datang untuk memberikan keterangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News