Penuhi Pasokan Air Smelter Manyar, Freeport Indonesia Gandeng Perumda Giri Tirta

Penuhi Pasokan Air Smelter Manyar, Freeport Indonesia Gandeng Perumda Giri Tirta
PT Freeport Indonesia dan Perumda Giri Tirta menandatangani nota kesepahaman atau MoU terkait pasokan air untuk kegiatan operasional smelter Manyar yang dibanngun di KEK Gresik, Jawa Timur, Jumat (24/2). Foto: Dokumentasi PTFI

jpnn.com, GRESIK - PT Freeport Indonesia (PTFI) menggandeng Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Giri Tirta Kabupaten Gresik dalam memasok kebutuhan air untuk kegiatan operasional smelter Manyar.

Hal tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman atau MoU (memorandum of understanding) jual beli air antara PTFI dengan Perumda Giri Tirta pada Jumat (24/2).

Kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen PTFI untuk memprioritaskan potensi daerah, termasuk melibatkan Perumda dalam memenuhi berbagai kebutuhan pembangunan dan operasional smelter Manyar.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan PTFI selaku pihak swasta dalam mendorong perkembangan ekonomi Gresik melalui kemitraan dan pemberdayaan perusahaan daerah,” kata Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam pembukaan acara penandatanganan nota kesepahaman.

Sementara itu, Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan kerja sama ini bukan hanya memberikan manfaat, berupa pasokan air bagi operasi smelter Manyar.

"Namun juga akan memberikan dampak positif bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi Gresik melalui dukungan bisnis terhadap perusahaan daerah,” ujar Tony Wenas pada acara penandatanganan nota kesepahaman tersebut.

Dalam nota kesepahaman, Perumda Giri Tirta akan menyediakan kebutuhan pasokan air smelter Manyar.

Untuk dapat mengalirkan pasokan air tersebut, Perumda Giri Tirta bekerja sama dengan PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) dalam membangun jaringan pipa air menuju area smelter PTFI di Manyar.

PT Freeport Indonesia menggandeng Perumda Giri Tirta terkait kerja sama dalam memasok kebutuhan air untuk kegiatan operasional smelter Manyar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News