Penyakit ini Sangat Berbahaya, Pasien Biasanya Tak Punya Keluhan

Penyakit ini Sangat Berbahaya, Pasien Biasanya Tak Punya Keluhan
Ilustrasi - Olahraga teratur penting untuk mengantisipasi osteoporosis. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Penyakit osteoporosis sangat berbahaya, bahkan disebut penyakit penurunan massa tulang yang tersembunyi.

Menurut dokter spesialis ortopedi & traumatologi dr. Ricky Edwin Pandapotan Hutapea penyakit ini berbahaya karena tanda dan gejalanya tidak disadari.

"Penyakit ini bisa dikatakan silent disease, karena pasien biasanya tidak merasakan keluhan apa pun, hingga suatu saat bisa terjadi patah tulang dan penurunan kualitas hidup."

"Namun, osteoporosis sebenarnya bisa ditangani melalui pola hidup sehat, konsumsi nutrisi tepat, olahraga yang sesuai serta deteksi sedini mungkin," ujar dr. Ricky dikutip dari siaran resmi pada Kamis (7/10).

Penyakit ini juga dapat menyerang siapa saja terutama dewasa dan lansia.

Menurut pedoman pengendalian osteoporosis yang diterbitkan Departemen Kesehatan, di seluruh dunia terdapat satu dari tiga perempuan dan satu dari lima laki-laki berusia lebih dari 50 tahun mengalami osteoporosis.

Diperkirakan dua dari lima penduduk Indonesia juga berisiko terkena osteoporosis, bahkan pada 2050, pria dan wanita lebih dari 50 tahun (paling berisiko untuk osteoporosis) akan menjadi 1/3 dari total penduduk Indonesia.

Untuk mengatasi masalah osteoporosis, masyarakat diharapkan dapat memperbaiki gaya hidup dan juga mengubah pola makan dengan gizi seimbang.

Dokter spesialis menyebut penyakit yang satu ini sangat berbahaya, pasien biasanya tak punya keluhan apa pun.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News