Penyakit Kaki Gajah Kronis Tidak Bisa Disembuhkan

Penyakit Kaki Gajah Kronis Tidak Bisa Disembuhkan
Kaki gajah. Foto: Humas Kementerian Kesehatan

jpnn.com - JAKARTA - Penyakit kaki gajah atau pembengkakan pada bagian kaki, tangan atau tubuh adalah penyakit menular yang disebabkan cacing filaria.

Cacing itu hidup dalam saluran dan kelenjar getah bening (limfe) yang bisa menyebabkan gejala akut dan kronis.

Gejala akut yang berulang dan kronis yang menetap sangat menurunkan kualitas sumber daya manusia serta produktifitas penderita karena tidak bisa bekerja secara optimal.

Penyakit kaki gajah saat ini masih dianggap sebagai akibat guna-guna atau kutukan, sehingga penderita kerap diasingkan, dikucilkan.

Padahal apabila tidak ditangani secara tepat bisa menimbulkan kecacatan permanen. Bahkan, bila dibiarkan bertahun-tahun bengkaknya bisa menjadi sangat besar.

Sehingga orang tersebut tidak bisa bergerak karena kaki, tangan dan skrotum (alat kelamin pria) pun menjadi membesar. Penyakit ini banyak terdapat pada wilayah tropis.

Penderitanya semakin menderita karena diasingkan. Inilah kekeliruan stigma mengenai penyakit kaki gajah.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan drg. R. Vensya Sitohang menjelaskan, jika ditemukan penderita penyakit kaki gajah di satu tempat, maka ada kemungkinan terjadi penularan pada warga lainnya.

JAKARTA - Penyakit kaki gajah atau pembengkakan pada bagian kaki, tangan atau tubuh adalah penyakit menular yang disebabkan cacing filaria. Cacing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News