Penyebab Beberapa Orang Jarang Sakit

Penyebab Beberapa Orang Jarang Sakit
Ilustrasi

jpnn.com - ANDA tentu pernah melihat saat seluruh orang di kantor terserang flu, batuk dan bersin, tapi ada satu orang yang tidak mengalaminya.

Bagaimana mungkin ada beberapa orang tidak pernah sakit? Apa penyebabnya?

"Alasan yang paling jelas adalah bahwa mereka beruntung," kata profesor epidemiologi di Mailman School of Public Health di Columbia University, Stephen Morse, seperti dilansir laman Today, Rabu (21/12).

Sistem kekebalan tubuh sangat kompleks dan individual. Para peneliti tahu bahwa sistem tubuh seseorang akan melemah jika mereka menderita kondisi kronis, seperti diabetes atau terlibat dalam perilaku gaya hidup yang buruk seperti merokok.

Tapi hanya sedikit yang diketahui tentang mengapa beberapa orang tidak pernah sakit.

"Ini semacam topik yang sulit. Ini mungkin karena kombinasi dari beberapa hal," kata Dr. William Schaffner, profesor kedokteran di divisi penyakit menular di Vanderbilt University School of Medicine.

Sementara para ahli tidak begitu yakin mengapa beberapa orang tampaknya kebal terhadap penyakit.

"Beberapa orang lebih sehat daripada yang lain mungkin karena mereka menerapkan pola gaya hidup sehat," jelas Schaffner.

ANDA tentu pernah melihat saat seluruh orang di kantor terserang flu, batuk dan bersin, tapi ada satu orang yang tidak mengalaminya. Bagaimana mungkin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News