Pendidikan Pertama Anak Dimulai Saat Keluar dari Rahim?

Pendidikan Pertama Anak Dimulai Saat Keluar dari Rahim?
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Banyak kalangan berpendapat pendidikan anak dimulai saat buah hati memasuki jenjang PAUD (pendidikan anak usia dini).

Namun menurut Sekretaris Ditjen PAUDNI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ella Yulealawati, anak mulai didik ketika dia menembus selaput jalan lahir.

"Banyak ibu yang tidak tahu, sesungguhnya pendidikan anak dimulai ketika proses kelahirannya. Bagaimana usaha seorang anak untuk keluar dari rahim ibunya. Yang tadinya terlindungi di rahim ibunya, bayi mungil ini berusaha mencari pintu membantu ibunya untuk keluar. Cara keluar dari jalan lahir itulah pendidikan, karena anak mulai belajar untuk ‎menyelamatkan dirinya," beber Ella dalam diskusi memperingati Hari Ibu, di Kantor Kemendikbud, Rabu (21/12).

Begitu anak berusia dua tahun, pedidikan selanjutnya adalah interaksi dengan‎ teman-teman dan orang dewasa lewat media permainan.

Namun, Ella menyayangkan, masih banyak ibu yang memaksakan anak-anaknya bisa baca, tulis, dan menghitung.

"Berkali-kali kami tegaskan, PAUD jangan mewajibkan calistung. Namun, imbauan pemerintah ini seakan diabaikan. Alasannya saat masuk SD, dites calistung," ujarnya.

Dia menambahkan, anak PAUD belajar lewat permainan. Dengan bermain, anak-anak akan terlatih alat motoriknya, psikologi anak juga berkembang.

"Anak akan merasakan bagaimana itu punya teman, bagaimana itu kerja sama, dan lain-lain," tandasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Banyak kalangan berpendapat pendidikan anak dimulai saat buah hati memasuki jenjang PAUD (pendidikan anak usia dini). Namun menurut Sekretaris


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News