JPNN.com

Penyebab Gangguan Anomali Satelit Telkom 1 Masih Diselidiki

Selasa, 05 September 2017 – 17:47 WIB
Penyebab Gangguan Anomali Satelit Telkom 1 Masih Diselidiki - JPNN.com
Satelit Telkom 3S yang diresmikan di Stasiun Pengendali Utama Satelit Telkom Cibinong (SPU Cibinong), Foto dok Humas Telkom

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama PT Telkom Indonesia Alex J Sinaga mengatakan, masih terus mendalami penyebab terjadinya anomali pada satelit Telkom-1 yang mengakibatkan gangguan layanan kepada pelanggan sejak Jumat (25/8) lalu.

"Penyebab terjadinya anomali masih terus didalami para ekspert dari Telkom maupun dari pihak Lockheed Martin selaku pabrikan satelit Telkom-1. Investigasi terus dilakukan sesuai prosedur untuk mengetahui penyebab terganggunya satelit Telkom-1," ujar Alex di Graha Merah Putih Telkom, Jakarta, Selasa (5/9).

Menurut Alex, butuh waktu panjang untuk menyimpulkan penyebab terganggunya satelit Telkom-1, karena teknologi satelit sangat kompleks.

"Biarkan para investigator melakukan tugasnya. Namun yang penting saat ini adalah bagaimana memulihkan layanan kepada pelanggan termasuk relokasi ke satelit milik Telkom maupun satelit lainnya," tutur Alex.

Sebelumnya, pada Jumat (25/8) lalu sekitar pukul 16.51 WIB telah terjadi anomali pada satelit Telkom-1 yang berakibat pada pergeseran pointing antena, sehingga semua layanan transponder dari satelit terganggu.

Recovery satelit Telkom-1 yang dilakukan bersama Telkom dan Lockheed Martin sebagai langkah antisipasi dan untuk kontinuitas kualitas layanan kepada pelanggan.(chi/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy