Penyebab Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok
Penyebab rambut rontok. Foto: Xpose.ie

jpnn.com - Memang benar bahwa pria lebih mungkin untuk kehilangan rambut daripada perempuan, sebagian besar karena kebotakan.

Namun, rambut menipis dan rontok juga sering terjadi pada wanita. Penyebab rambut rontok sangat bervariasi, dari yang paling sederhana seperti kekurangan vitamin, hingga ke masalah yang lebih kompleks, yaitu tanda dan gejala dari suatu penyakit.

BACA JUGA: Rambut Rontok Berhubungan dengan Kanker Prostat?

"Menipisnya rambut sangat umum dan bisa disebabkan oleh genetika atau bisa dipengaruhi oleh kesehatan dan pola makan," kata Tracey Walker, direktur pendidikan di The Institute of Trichologists, seperti dilansir laman Virginmediatelevison.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda mungkin mengalami kerontokan atau penipisan rambut.

1. Stres

Stres yang disebabkan oleh kecelakaan, penyakit, dan operasi, serta obat-obatan tertentu, diet ketat, bisa mengarah pada sesuatu yang disebut 'telogen effluvium akut', atau kerontokan rambut reflektif.

Kondisi ini bisa memengaruhi pria dan wanita, dan seperti namanya, jenis rambut rontok ini bisa mencerminkan apa yang terjadi dalam tubuh, jadi jika stres dihentikan atau dihindari, pemulihan penuh dimungkinkan.

"Menipisnya rambut sangat umum dan bisa disebabkan oleh genetika atau bisa dipengaruhi oleh kesehatan dan pola makan,"

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News