Selasa, 26 Maret 2019 – 07:09 WIB

Ketahui 5 Penyebab Ketombe yang Tidak Anda Duga

Jumat, 15 Maret 2019 – 04:55 WIB
Ketahui 5 Penyebab Ketombe yang Tidak Anda Duga - JPNN.COM

jpnn.com - Ketombe mungkin masalah rambut yang sering dialami sekaligus paling mengganggu, apalagi jika ingin mengenakan baju hitam. Menurut data dari National Institute of Health, hampir separuh dari orang dewasa mengalami masalah ketombe.

Kadang, ketombe bisa muncul pada orang-orang yang rajin keramas. Nyatanya, ada beberapa penyebab ketombe yang mungkin tak pernah Anda duga sebelumnya.

"Pada dasarnya, kulit terus-menerus memproduksi sel-sel kulit baru dan melepaskan sel-sel lama untuk menjaga kesehatan. Ketombe dapat terjadi ketika siklus pergantian kulit ini meningkat," jelas dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter.

Penyebab ketombe memang beragam. Namun, umumnya yang paling sering adalah akibat jarang keramas, atau orang-orang dengan jenis kulit kepala yang kering atau berminyak.

Penyebab ketombe yang tak terduga
Menurut dr. Adeline, kondisi rambut yang berketombe tidak selalu berkaitan dengan higien yang buruk. Siapa sangka, teknik mencuci dan menyisir rambut juga bisa menjadi faktor-faktor terlepasnya sel kulit lama di kepala?!

Tak cuma itu, berikut ini adalah beberapa penyebab ketombe yang mungkin jarang diketahui.

1. Sensitif terhadap jamur alami pada rambut sendiri
Tak cuma kulit kepala yang kering, penyebab ketombe yang Anda alami bisa jadi adalah ragi (yeast) Pityrosporum orbiculare. Ragi ini “memakan” minyak di kulit kepala, sehingga ini menjelaskan kenapa mereka dengan jenis kulit kepala ini lebih rentan terhadap ketombe.

“Minyak adalah lingkungan yang disukai organisme ini, sehingga ketombe bisa dengan mudah muncul,” kata Robert T. Brodell, MD, profesor dan pimpinan departemen dermatologi di University of Mississippi Medical Center, Amerika Serikat, kepada Reader’s Digest.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar